Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Ad Dakwah Kec. Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai

Sundari, Rahayu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Ad Dakwah Kec. Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
RAHAYU SUNDARI SKRIPSI dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, 3) Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar PKn Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah divalidkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn dengan cara membentuk siswa menjadi beberapa kelompok untuk memecahkan masalah secara bersama. Pada proses pembelajaran, siswa bersama kelompoknya memecahkan masalah dan setelah selesai, masing-masing kelompok menyajikan hasil diskusi (karya) didepan kelas secara bergantian dengan kelompok lainnya. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dapat dilihat pada nilai rata-rata post tes. Pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata post test 83,6. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional diperoleh rata-rata post test 72,4.3) Berdasarkan uji t pada data post tes bahwa diperoleh model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Ad Dakwah Kec. Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,916 > 2,010 (n=25) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 di tolak.Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Ad Dakwah Kec.Sei Bamban Kab.Serdang Bedagai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Jan 2021 04:58
Last Modified: 01 Jan 2021 04:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10270

Actions (login required)

View Item View Item