Yanti, Elvi (2020) Upaya Guru BK Dalam Menggurangi Fanatisme Siswa Terhadap Tokoh Idola Di Kelas IX Melalui Teknik Ice Breaking Di SMA Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi elvi yanti bki-2.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana fanatisme siswa terhadap tokoh idola, 2) Peran guru BK dalam menggurangi fanatisme siswa terhadap tokoh idola di SMA Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru Medan, 3) Faktor yang menghambat guru BK dalam menggurangi fanatisme siswa terhadap tokoh idola. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Guru BK, dan 4 (empat) siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) Fanatisme siswa terhadap tokoh idola adalah kegemaran yang membuat siswa melalaikan tugas di sekolah dan kurang menariknya (menoton) materi yang diajarkan guru mata pelajaran membuat siswa merasa jenuh saat jam pelajaran, 2) Upaya untuk mengurangi fanatisme siswa terhadap tokoh idola dengan cara melalui bimbingan kelompok dan menjelaskan dampak negatif dari kegemaran berlebihan terhadap tokoh idola, 3) Faktor yang menyebabkan siswa membuka Handphone saat jam belajar yaitu kurang efektifnya cara guru mata pelajaran dalam mengajar di kelas sehingga menyebabkan kebosanan siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 01 Jan 2021 04:34 |
Last Modified: | 01 Jan 2021 04:34 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10266 |
Actions (login required)
View Item |