Hasibuan, Zuraidah (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam Di Indonesia Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Kelas V MIN 7 Kota Medan Kecamatan Medan Denai T.A. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI ZURAIDA HASIBUAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Numbered Heads Together (NTH) dalam mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam Di Indonesia pada kelas V MIN 7 Kota Medan Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini berjenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari tiga tahap kegiatan Pra Tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas V MIN 7 Kota Medan yang berjumlah 30 orang siswa, terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil tes awal (Pra Tindakan) diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 13,3% dengan nilai rata-rata 46,3%. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 63,7% dan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal 90% dengan nilai rata-rata 80,7. Hasil penelitian diatas membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam DiIndonesia di kelas V MIN 7 Kota Medan Kecamatan Medan Denai Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 05:09 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 05:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10260 |
Actions (login required)
View Item |