Kompetensi Guru PAI Dalam Mengelola Emosi (Self Regulation) Pada Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan

Rahmah, Latifah (2019) Kompetensi Guru PAI Dalam Mengelola Emosi (Self Regulation) Pada Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LATIFAH RAHMAH.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengelola emosi (self regulation) pada pembelajaran di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan (2) Untuk mengetahui kompetensi sosial guru PAI dalam mengelola emosi (self regulation) pada pembelajaran (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi guru PAI dalam mengelola emosi(self regulation) padapembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap kepala sekolah, guru PAI, dan 3 orang siswa perwakilan dari kelasVII, VIII, IX. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengelola emosi (self regulation) pada pembelajaran di SMPN 1 Percut Sei Tuan sudah dibuktikan dengan menunjukkan akhlak yang mulia kepada siswa dan juga sesama guru sesuai dengan indikator-indikatornya. (2) Kompetensi sosial guru PAI dalam mengelola emosi (self regulation) pada pembelajaran di SMPN 1 Percut Sei Tuan sudah di buktikan dengan adanya kegiatan-kegiatan sosial yang diikuti guru PAI. (3) Faktor pendukung dan penghambat kompetensi guru PAI dalam mengelola emosi pada pembelajaran di SMPN 1 Percut Sei Tuan, yaitu yang menjadi faktor pendukung ialah adanya semangat dan keikhlasan dalam diri guru PAI, teknologi canggih, dan kerjasama. Kemudian faktor penghambatnya ialah suasana kelas yang tidak kondusif dan siswa susah diatur

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2020 04:44
Last Modified: 30 Dec 2020 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item