Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Dan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Program Linear Kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Ajaran 2019/2020

Putri, Dwi Rizka (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Dan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Program Linear Kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
dwi rizka putri nim 35154202.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI dan TGT terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi program linear kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IIS 1, 2, dan 3 siswa dan sampelnya 50 siswa. 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Intruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 4,597 dan ttabel = 1,708 yang berarti thitung > ttabel pada materi program linear kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 6,543 dan ttabel = 1,708 yang berarti thitung > ttabel pada materi program linear kelas XI MAS AlWashliyah 22 Tembung. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Intruction dan Teams Games Tournament terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 3,069 dan ttabel = 1,708 yang berarti thitung > ttabel pada materi program linear kelas XI MAS AlWashliyah 22 Tembung. 4) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Intruction dan Teams Games Tournament. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 3,069 dan ttabel = 1,708 yang berarti thitung > ttabel pada materi program linear kelas XI MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Jadi dapat di simpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi program linear kelas XI MAS ALWashliyah 22 Tembung dengan hasil thitung > ttabel yaitu 3,069 > 1,708 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2020 04:28
Last Modified: 30 Dec 2020 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item View Item