Kompetensi Profesional Guru SKI Dalam Mengelola Kelas PAIKEM Di MAN Binjai

Choirun, Fita Siti (2019) Kompetensi Profesional Guru SKI Dalam Mengelola Kelas PAIKEM Di MAN Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITA SITI CHOIRUN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai hal yang terkait kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas PAIKEM di MAN Binjai, yang bertujuan untuk mengetahui sejak kapan guru SKI menggunakan PAIKEM pada mata pelajaran SKI di MAN Binjai, untuk mengetahui kompetensi profesional guru SKI dalam mengelola kelas PAIKEM di MAN Binjai, dan untuk mengetahui dampak kompetensi profesional guru SKI dalam mengelola kelas PAIKEM di MAN Binjai terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitiatif dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kemudian data disajikan melalui proses reduksi data, penyajian data serta pembuatan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian ditemukan hasil bahwa (1) Guru SKI sudah menggunakan PAIKEM dalam proses pembelajaran SKI sejak diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 yaitu sekitar tahun 2015/2016. (2) Kompetensi profesional guru SKI dalam mengelola kelas PAIKEM di MAN Binjai menunjukkan bahwa guru SKI sudah profesional dalam mengelola kelas. Hal itu diketahui berdasarkan penilaian kemampuan guru dalam format APKG yang telah dilakukan peneliti yang menunjukkan bahwa guru SKI memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola kelas dengan perolehan nilai ratarata 72,6. (3) Dampak kompetensi profesional guru SKI dalam mengelola kelas PAIKEM di MAN Binjai terhadap hasil belajar siswa yaitu menunjukkan dampak yang positif. Dalam kegiatan belajar di dalam kelas siswa tampak aktif mengikuti pelajaran. Adapun hasil belajar siswa secara kognitif siswa memperoleh nilai yang baik. Dari sepuluh kelas yang menjadi objek penelitian, hampir rata-rata siswa dapat meningkatkan nilai mereka. Hanya sekitar 2 sampai 6 orang siswa yang mengalami penurunan nilai saat mengerjakan uji kompetensi yang diberikan oleh guru. Secara afektif siswa memiliki sikap yang baik. Salah satu contohnya yaitu siswa selalu meminta izin ketika ingin menyampaikan pendapat atau bertanya. Sedangkan secara 6psikomotorik siswa memiliki kepedulian yang tinggi dalam membantu teman saat kegiatan pembelajaran berlangsung

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2020 04:10
Last Modified: 30 Dec 2020 04:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item