Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Menggunakan Media Puzzle Di Kelas V SD Swasta Waladun Shalih Medan Labuhan Tahun Ajaran 2019/2020

Ritonga, Siti Jawiyah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Menggunakan Media Puzzle Di Kelas V SD Swasta Waladun Shalih Medan Labuhan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI JAWIYAH RITONGA FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media puzzle pada mata pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SD Swasta Waladun Shalih Medan Labuhan. 2) untuk mengetahui penerapan media puzzle pada mata pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SD Swasta Waladun Shalih. 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media puzzle pada mata pelajaran IPA materi siklus air di kelas V SD Swasta Waladun Shalih Medan Labuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menggunakan tahapan sebanyak dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Waladun Shalih Medan Labuhan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media puzzle mampu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi siklus air materi siklus air. hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan setelah melakukaniproses pembelajaran menggunakan media puzzle. Pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata 45,54 ketuntasan klasikal 22,72% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 orang. Pada saat siklus I diperoleh rata-rata 71,13 dengan ketuntasan klasikal 51,85% dan sebanyak 12 siswa dinyatakan tuntas dalam KKM. Pada siklus II diperoleh rata-rata 85% dengan ketuntasan klasikal 88,89% dan sebanyak 18 siswa dinyatakan tuntas

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:51
Last Modified: 30 Dec 2020 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item