Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Learning Cycle Kelas X MAS Al-Washliyah 22 Tembung

Fadilla, Elva (2019) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Learning Cycle Kelas X MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ELVA FADILLAA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalaha siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari siswa yang diajar dengan model learning cycle 2) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik dari siswa yang diajar dengan model learning cycle. 3) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah dan pemahman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari siswa yang diajar dengan model learning cycle kelas X MAS Al-Washliyah 22 Tembung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X IPA 123 siswa dan sampelnya 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varian (ANAVA) dua jalur. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan pemecahan masalaha siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari siswa yang diajar dengan model learning cycle. Hal ini disebabkan oleh nilai FHitung > FTabel dengan FHitung = 5,914 dan Ftabel pada taraf α(0,05) = 4,007. 2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik dari siswa yang diajar dengan model learning cycle. Hal ini disebabkan oleh nilai FHitung < FTabel dengan FHitung = 0,346 dan Ftabel pada taraf α(0,05) = 4,007. 3) Kemampuan pemecahan masalah dan pemahman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari siswa yang diajar dengan model learning cycle. Hal ini disebabkan oleh nilai FHitung > FTabel nilai FHitung = 4,322 (model pembelajaran) dan nilai FHitung = 5,763 (kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep) serta nilai pada Ftabel pada taraf α(0,05) = 3,923.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:10
Last Modified: 30 Dec 2020 03:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item