Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Dan Jigsaw Materi Diferensial Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 5 Binjai

Tanjung, Syafridah Hanum (2019) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Dan Jigsaw Materi Diferensial Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 5 Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Syafridah Hanum Tanjung.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan Komunikasi Matematis dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan pembelajaran Model Jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai, Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 120 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan Komunikasi Matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan Pembelajaran Jigsaw, dengan Qhit (5,64) > Qtabel (2,89); 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan Pembelajaran Jigsaw pada materi Differensial Trigonometri, dengan Qhit (5,49) > Qtabel (2,89); 3) Terdapat perbedaan kemampuan Komunikasi Matematis dan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran NHT dan Pembelajaran Jigsaw pada materi Differensial trigonometri, dengan Qhit (4,57) > Qtabel (2,83). Begitu juga pada kedua kemampuan dengan Qhit (10,53) > Qtabel (2,83); 4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan Komunikasi Matematis dan pemahaman konsep matematis siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Komunikasi matematis dan pemahaman konsep matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran NHT daripada model Pembelajaran Jigsaw.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Dec 2020 14:37
Last Modified: 29 Dec 2020 14:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

View Item View Item