Siregar, Nursani (2019) Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Babul Hasanah Desa Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi Nursani Siregar (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran kitab kuning didalam pondok pesantren. Pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional memiliki watak yang utama, yaitu sebagai lembaga pendidikan yang memiliki ciri khas. Karena pesantren memiliki tradisi keilmuan yang berbeda dengan tradisi keilmuan lembaga-lembaga lainnya, seperti sekolah. Salah satu dari ciri utama pesantren adalah sebagai pembeda lembaga keilmuan yang lain adalah kitab kuning, yaitu kitab-kitab islam klasik yang ditulis dalam bahasa arab baik yang ditulis tokoh muslim arab maupun pemikir muslim Indonesia. Tujuannya mengetahui metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Babul Hasanah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dari sumber data primer maupun sekunder. Penelitian ini menemukan: (1) kitab kuning yang di pelajari sesuai kitab tulisan para ulama terdahulu dan sekarang. (2)Metode Pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren yang digunakan berupa metode bandongan dan sorogan. (3) Faktor-faktor pendukung pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Babul Hasanah yaitu ustadz yakni semuanya bisa membaca kitab kuning. sedangkan faktor penghambat yaitu santri sebagian belum mengusai nahu/sharof atau ilmu alat
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 13:56 |
Last Modified: | 02 Jan 2021 13:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10247 |
Actions (login required)
View Item |