Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa Di MA Al Washliyah

H.K., Hanifah Widya Agusti (2020) Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa Di MA Al Washliyah. Post-Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANIFAH WIDYA AGUSTI H.K 0305161021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Think Pair Share di kelas X MA Al Washliyah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MA Al Washliyah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara simple random sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan nilai Fhitung = 7,633 > Ftabel taraf α(0,05)= 4,007; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan nilai Fhitung = 0,832 < Ftabel taraf α(0,05)= 4,007; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan nilai Fhitung= 6,483 > Ftabel taraf α(0,05) = 3,923; 4) Terdapat interaksi antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan berpikir kreatif siswa pada materi keliling dan luas lingkaran dengan Fhitung= 6,596 < Ftabel taraf α(0,05) = 3,923.

Jenis Item: Skripsi (Post-Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Dec 2020 15:03
Last Modified: 27 Dec 2020 15:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item View Item