Peran Guru BK Dalam Membentuk Pemaaf Di MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan

Batubara, Ayu Khairani (2020) Peran Guru BK Dalam Membentuk Pemaaf Di MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi ay.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Upaya guru BK dalam membentuk sikap pemaaf di MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan 2) Peran guru BK dalam membentuk sikap pemaaf di MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang bersifat deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK dan siswa kelas VIII MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa dalam membentuk sikap pemaaf di MTs. Al-Ittihadiyah Pangkalan Masyhur Medan, guru BK berperan sebagai: 1) Pemberi nasihat, yang berarti guru BK akan memberikan nasihat kepada siswa yang terlibat dalam pertikaian. 2) Penengah, yang berarti dengan memberikan pengertian titik masalahnya apa sehingga si anak menyadari dan mengerti apa yang menjadi permasalahan dan perbaikan dari diri masing-masing. 3) Pencegah, yang berarti guru BK akan menyelenggarakan pelaksanaan layanan sebagai bentuk preventif agar tidak timbul permasalahan yang lebih besar dan menanamkan pada diri siswa agar mudah untuk memaafkan kesalahan teman. Layanan yang akan diberikan seperti layanan informai dan layanan mediasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Dec 2020 00:50
Last Modified: 27 Dec 2020 00:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item