Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa

Rambe, Nur Atikah (2020) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Atikah Rambe.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII 1 MTs Nurul Iman Tanjung Morawa semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan menerapkan model discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII I MTs Nurul Iman Tanjung Morawa yang berjumlah 34 orang. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Sebelum dikenai tindakan rata-rata motivasi belajar siswa 40,2 dan masuk kategori rendah. Pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 53,1 dan masuk kategori tinggi. Pada siklus II rata-rata motivasi belajar siswa meningkat menjadi 58,4 dan masuk kategori tinggi. Hasil belajar siswan sebelum dikenai tindakan hanya 41,2% (14 siswa) yang memenuhi KKM, pada siklus I siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 61,8% (21 siswa), dan pada siklus II siswa yang memnuhi KKM meningkat menjadi 88,2 % (30 siswa).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Dec 2020 05:55
Last Modified: 26 Dec 2020 05:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item