Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Lapisan Penyusun Bumi Melalui Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) Di Kelas V SD Negeri 104199 Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2019-2020

Widiya, Nurul (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Lapisan Penyusun Bumi Melalui Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) Di Kelas V SD Negeri 104199 Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurul Widiya-PGMI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum penggunaan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) pada mata pelajaran IPA materi ―Lapisan Penyusun Bumi‖ di Kelas V; (2) Proses penggunaan model pembelajaran IOC(Inside Outside Circle) pada mata pelajaran IPA materi ―Lapisan Penyusun Bumi‖ di Kelas V; (3) Hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) pada seluruh siklus dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ―Lapisan Penyusun Bumi‖ di Kelas V. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terselesaikan dengan tindakan Siklus I dan Siklus II pada Siswa kelas V SD Negeri 104199 Kota Rantang yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan data dan informasi yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Lapisan Penyusun Bumi. Hal ini sesuai dengan hasil yang ditemukan. Pada kegiatan Pra Siklus, ketuntasan hasil belajar klasikal siswa 20% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 orang. Pada tindakan Siklus I, ketuntasan klasikal siswa meningkat mencapai 70,8% dan sebanyak 17 orang yang tuntas. Pada tindakan siklus II, ketuntasan klasikal siswa mencapai 87,5% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Dec 2020 05:46
Last Modified: 26 Dec 2020 05:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item