Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VI MIN 07 Kota Medan Kecamatan Medan Denai Kelurahan Tegal Sari Mandala II

Septiani, Egi (2019) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VI MIN 07 Kota Medan Kecamatan Medan Denai Kelurahan Tegal Sari Mandala II. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi egi septiani PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Hasil belajar siswa di kelas control dengan menggunakan model Konvensional pada mata pelajaran Matematika. 2) Hasil belajar siswa di kelas Eksperimen dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two StraypadamatapelajaranMatematika 3) pengaruh yang signifikan antara model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment(eksperimen semu). Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelasberjumlah 60siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu ttest. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar Matematik siswa dilihat dari rata-rata nilai tes akhir (post tes ) pada kelas eksperimen (IVA) dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray diperoleh rata-rata post test 74,00 sedangkan kelas kontrol (IVB) dengan menggunakan media buku paket pembelajaran Matematika diperoleh rata-rata post test 64,33. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh media komik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,025> 0,013 sekaligus menyatakan terima Ha dan tolak H0 pada taraf α= 0,05 atau 5% yang berarti “Terdapat pengaruh yang signifikan modelCooperative Learning tipeTwo Stay Two Stray terhadap hasil belajar Matematika MIN 7 Kota Medan Kecamatan Medan Denai, KelurahanTegal Sari, Mandala II.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Dec 2020 10:56
Last Modified: 25 Dec 2020 10:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10201

Actions (login required)

View Item View Item