Sistem Rekrutmen Dan Penempatan Tenaga Pendidik Di MTs Al-Washliyah Kolam

Zainuddin, Zainuddin (2020) Sistem Rekrutmen Dan Penempatan Tenaga Pendidik Di MTs Al-Washliyah Kolam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS ZAINUDDIN UNTUK UJIAN TESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem rekrutmen, penempatan tenaga pendidik, serta keefektifitasan rekrutmen dan penempatan tenaga pendidik di MTs Al-Washliyah Kolam. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, yaitu pendekatan yang dilakukan secara alamiah untuk mencari, menganalisis, dan menginterpretasi data yang ditemukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, untuk memperoleh data dari informan penelitian yaitu: Kepala dan Wakil kepala MTs Al-Washliyah Kolam, Tata usaha, dan 5 Guru MTs AlWashliyah Kolam. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan teknis analisis interaktif model Miles and Huberman, dengan komponen pokok analisis, yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi, dan pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: Uji Kredibilitas, Uji Tranferabilitas, Uji Ketergantungan dan Uji Kepastian. Beberapa hasil temuan penelitian adalah sebagai berikut: 1.Rekrutmen dan seleksi di MTs AL-Washliyah kolam hanya dilakukan oleh kepala madrasah, dan tidak melibatkan sumber daya yang lain. Rekrutmen dan seleksi tenaga pendidik, yang dilakukan di MTs Al-washliyah Kolam melalui beberapa kegiatan yaitu persiapan rekrutmen guru, penyebaran pengumuman, penerimaan lamaran guru baru, dan dilanjutkan dengan beberapa tes, seperti tes agama, micro teaching, dan tes wawancara. MTs Al-washliyah Kolam menetapkan persyaratan dalam rekrutmen dan seleksi guru, seperti harus sarjana minimal S1. 2. Penempatan tenaga pendidik di MTs AL-Washliyah kolam dilakukan oleh kepala madrasah sendiri. Kepala madrasah mempunyai beberapa persyaratan yang dilakukan dalam penempatan, seperti penempatan tenaga pendidik harus sesuai dengan kualifikasi jurusannya, agar guru-guru yang di hasilkan menjadi profesional nantinya, penempatan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 7 yang sesuai dengan kualifikasi jurusannya, dan terdapat 4 tenaga pendidik yang tidak yang sesuai dengan kualifikasi jurusannya. 3. Efektifitas rekrutmen dan penempatan terhadap peningkatan mutu di MTs AL-Washliyah kolam pada tingkat yang baik, dimana rekrutmen dan penempatan dilakukan oleh pihak MTs viii AL-Washliyah kolam , walaupun tidak secara keseluruhan penempatan guru dari tahun 2013 hingga 2018 sesuai dengan jurusannya, akan tetapi jika dilihat dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang pernah mengajar sesuai dengan jurusannya sebanyak 7 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan kualifikasi jurusannya, dan terdapat 4 tenaga pendidik yang tidak yang sesuai dengan kualifikasi jurusannya. Efek rekrutmen dan penempatan tenaga pendidik di MTs Al-Washliyah kolam bagi peningkatan mutu pendidikan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler dintaranya: kegiatan kaligrafi, bimbingan Al-qur‟an, seni tari, paduan suara, tarung drajat, tahfidz qur‟an, tilawah, pramuka, nasyit, olah raga renang dan lain sebagainya. Disamping itu siswa juga mendapatkan prestasi dari event yang diselenggrakan pada tingakt kecamatan, antara kabupaten bahkan provinsi. Itu artinya rekrutmen dan penempatan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Al-Washliyah kolam mempunyai efek terhadap mutu pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Dec 2020 10:34
Last Modified: 25 Dec 2020 10:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item View Item