Implementasi Komunikasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Guru Di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kab.Batu Bara

Saputra, Arjun (2019) Implementasi Komunikasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Guru Di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kab.Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARJUN ARJUN SYAPUTRA NIM. 37144041.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi komunikasi kepala madrasah dengan para staf pimpinan dalam meningkatkan motivasi guru di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kab. Batu Bara. 2) Implementasi komunikasi kepala madrasah dengan guru dalam meningkatkan motivasi guru di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kab. Batu Bara 3). Implementasi komunikasi yang dilakukan kepala madrasah dengan komite madrasah dalam meningkatkan motivasi guru di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kab. Batu Bara Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data oleh Miles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Dalam hal ini subyek penelitiannya yaitu: Kepala sekolah, Guru dan Komite di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kab. Batu Bara. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan sebagai berikut:1 Implementasi komunikasi kepala madrasah dengan para staf pimpinan adalah beliau selalu menjalin komunikasi antara kepala madrasah dengan staf pimpinan baik secara kelompok seluruh staf pimpinan yang ada maupun melalui orang perorang atau face to face kepada para staf pimpinan, misalnya komunikasi ini dibangun melalui rapatrapat yang telah dijadwalkan sebelumnya, atau pada saat-saat senggang seperti pada waktu jam istirahat 2). Implementasi komunikasi kepala madrasah dengan guru tidak hanya sebatas melalui rapat-rapat yang sudah terjadwal dengan guru, hal ini beliau lakukan agar apa yang disampaikan dalam rapat rutin berupa kebijakan maupun aturan dapat di pahami dan bisa dilaksanakan oleh guru-guru di SMA Negeri 1bahkan komunikasi juga dilakukan kepala madrasah dengan guru pada saat guru istirahat di ruang guru secara langsung face to fece dengan harapan keluhan, saran maupun masukan yang ada dari guru dapat disampaikan kepada kepala madrasah sehingga permasalahan yang dirasakan guru-guru tidak menjadikan masalah dalam mengembangkan kompetensi guru dan meningkatkan profesionalitas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan SMA Negeri 1 3). Implementasi komunikasi yang dilakukan kepala madrasah dengan komite madrasah dalam meningkatkan motivasi guru bahwa ternyata komunikasi juga dibangun oleh kepala madrasah yaitu komunikasi langsung antara pribadi komite madrasah melalui rapat-rapat yang terjadwal maupun yang tidak terjadwal. Hal ini dilakukan oleh kepala madrasah karena ia menyadari bahwa komite juga mempunyai andil atau peranan yang sama dalam peningkatan mutu madrasah sekaligus dapat meningkatan motivasi guru, oleh karenanya kepala madrasah juga merangkul komite madrasah melalui komunikasi yang ia bangun dengan komite madrasah agar dapat bekerja sama dalam meningkatkan mutu sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Kab. Batu Bara. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya implementasi komunikasi kepala madrasah ini dapat meningkatkan produktifitas dan motivasi kerjaguru serta dapat meningkatkan profesional guru yang lebih baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Dec 2020 08:18
Last Modified: 25 Dec 2020 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item