Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dengan Media Crossword Puzzle Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Di MTs YPI Subulul Huda Saentis

Sartika, Desi Dwi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dengan Media Crossword Puzzle Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Di MTs YPI Subulul Huda Saentis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI DWI SARTIKA FIX (MAHASISWI TADRIS BIOLOGI UINSU).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan media Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa di MTs YPI Subulul Huda Saentis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi berjumlah 60 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel berjumlah 40 siswa yang berasal dari kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan media Crossword Puzzle dan VIII-B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pretest-posttest berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan non tes berupa angket motivasi belajar. Sebelum melakukan penelitian instrumen tes diuji coba pada kelas VIII-C, dan dihitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasayarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji hipotesis pada motivasi belajar diperoleh thitung = 2,56 dan uji hipotesis pada hasil belajar biologi diperoleh thitung = 16,58 sedangkan pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel =2,02 artinya thitung ≥ ttabel, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan media Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar siswa. Dan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar biologi siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Dec 2020 08:03
Last Modified: 25 Dec 2020 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10196

Actions (login required)

View Item View Item