Pengembangan Buku Ajar Nahwu Pendamping Pembelajaran Pada Bahasa Arab Siswa Kelas XII SMK Tritech Bhayangkara

Sagala, Nisa Rahmaida (2020) Pengembangan Buku Ajar Nahwu Pendamping Pembelajaran Pada Bahasa Arab Siswa Kelas XII SMK Tritech Bhayangkara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nisa pdf.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar bahasa Arab didasarkan pada kenyataan belum tersedianya buku ajar bahasa Arab kelas XII. Pengembangan bahan ajar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui proses pembelajaran. Kesulitan dalam memahami materi ajar banyak ditemukan dalam pembelajaran bahasa arab dikarenakan anggapan bahwa qawaid bahasa arab sangat sulit dan begitu kompleks. Belum tersedianya bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Arab, kemudian, siswa yang hanya belajar di kelas XII dan sebelumnya di kelas X dan XI belum pernah belajar bahasa Arab, membuat siswa merasa asing ketika mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. Proses pengembangan model ini terdiri dari sepuluh langkah diantaranya: : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Dari hasil analisis data diperoleh hasil Ha diterima, HO ditolak. sehingga terdapat perbedaan signifikan nilai hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas XII Multimedia-3, sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar Nahu sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Arab. Selanjutnya dari nilai rata-rata X2=77, 37, dan nilai rata-rata X1=62,79, yang berarti nilai Post-test lebih tinggi dari nilai Pre-test. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pemahaman kognitif terhadap buku ajar yang dikembangkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Dec 2020 06:24
Last Modified: 23 Dec 2020 06:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10186

Actions (login required)

View Item View Item