Pengaruh Kemampuan Guru Mengembangkan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Padang Lawas

Sari, Ema Wahyuni (2020) Pengaruh Kemampuan Guru Mengembangkan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 2 Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
pdf skripsi asli Ema-dikonversi (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran dan hasil belajar siswa di Man 2 Padang Lawas Kec.Barumun Tengah. Dan juga bertujuan juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Man 2 Padang Lawas Kec.Barumun Tengah. Adapun jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (Y). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket dan menggunakan uji tes pilihan berganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis mengunakan teknik korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif antara kemampuan guru mengembangkan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai pada taraf signifikansi 95% atau a = 0,5 dan dk = 68-2 = 66 . Nilai koefisien korelasi ini jika diintrepretasikan pada nilai intrerpretasi koefisien korelasi dapat dikategorikan ” sedang” tingkat pengaruhnya. Berdasarkan uji t yang diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,561 > 1,669. Sehingga Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru mengembangkan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:47
Last Modified: 29 Dec 2020 05:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item