Pengaruh model Pembelajaran PBL terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019

Karima, Nurul (2019) Pengaruh model Pembelajaran PBL terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NURUL KARIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn di MIS AlWashliyah Tandam Hilir II. 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn di MIS AlWashliyah Tandam Hilir II. 3) pengaruh yang signifikan antara hasil belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn di MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas IV-A dan kelas IV-B di MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas IV-A sebagai kelas eksperimen (dengan model pembelajaran Problem Based Learning) dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol (dengan model pembelajaran konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn yang dikumpulkan melalui tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil belajar PKn siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II yang diajarkan dengan pembalajaran konvensional pada kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa dengan nilai rata-rata pretest 65,04 dan nilai rata-rata posttest 75,08. 2) hasil belajar PKn siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Tandam Hilir II yang diajarkan dengan model pembalajaran Problem Based Learning pada kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Nilai rata-rata pretest 65,04 dan posttest 85,04. 3) berdasarkan uji t pada posttest yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar PKn pada materi globalisasi di kelas IV MIS Al-Washliyah. sehingga penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang positif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 16 Dec 2020 08:13
Last Modified: 16 Dec 2020 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item