Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik Di Yayasan MTs Islamiyah Medan

Lubis, Mutiara Ramadani (2020) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik Di Yayasan MTs Islamiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mutiara Ramadani Lubis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan budaya disiplin peserta didik di yayasan MTs Islamiyah Medan dan pandangan peserta didik terhadap pelaksanaan budaya disiplin. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala madrasah MTs Islamiyah Medan dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik sudah cukup baik dan bervariasi. Pertama, memberikan teladan kepada peserta didik agar mereka dapat mencontoh perilaku didiplin yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan. Kedua, dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan peserta didik untuk selalu mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku di madrasah. Ketiga, bekerjasama dengan guru-guru untuk mengawasi tingkah laku peserta didik. Keempat, memberikan kegiatan tadarus Al-Qur’andan sholat zuhur berjamaah yang bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan di dalam diri setiap peserta didik. Kelima, dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki hal-hal yang harus diperbaiki untuk lebih baik lagi kedepannya. Namun pada pelaksanaannya masih ditemukan peserta didik yang melanggar tata tertib peraturan. Masih ada beberapa pelanggaran yang dilanggar oleh peserta didik seperti terlambat datang ke madrasah, berpakaian tidak sesuai dengan peraturan dan lain-lain. Kepala madrasah MTs Islamiyah Medan sebaiknya mengikutsertakan peserta didik untuk membuat tata tertib peraturan. Memberikan penghargaan bagi peserta didik yang disiplin. Bekerjasama dengan osis untuk pengawasan pelaksanaan kedisiplinan peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:36
Last Modified: 16 Dec 2020 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item