Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran VCT (Value Clarificated Technique) Materi Menjaga Keutuhan NKRI Kelas V Di MIS Istiqomah Percut Sei Tuan.

Aini, Nur (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran VCT (Value Clarificated Technique) Materi Menjaga Keutuhan NKRI Kelas V Di MIS Istiqomah Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
61df79d1d949bfa5cf55a503bbe25766.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Istiqomah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Materi Menjaga Keutuhan NKRI menggunakan model VCT (Value Clarificated Technique) di kelas V MIS Istiqomah Percut Sei Tuan. 2) Mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran PKn materi Menjaga keutuhan NKRI dengan menggunakan model pembelajaran VCT. Hasil belajar siswapada tes awal (Pree Test) terdapat 7 orang siswa (23,3%) yang tuntas sedangkan yang tidak tuntas 23 siswa (76,7). Setelah menggunakan Model VCT dilakukan Siklus I berjumlah 19 siswa (63,3%) yang telah tuntas sedangkan 11 siswa (36,7%) siswa yang tidak tuntas. Kemudian Siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 28 siswa (93,3%) yang telah tuntas sedangkan 2 siswa (6,7%) siswa yang tidak tuntas. 3) Penerapan Model pembelajaran VCT (Value Clarificated Technique) dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena sangat efektif dan efesien saat dilaksanakan, ini ditunjukkan dari respon siswa yang sangat baik pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan Model pembelajaran VCT (Value Clarificated Technique) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan(PKn) materi Menjaga Keutuhan NKRI.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Dec 2020 11:46
Last Modified: 15 Dec 2020 11:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item