Peran guru bimbingan konseling dalam memotivasi siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMA Negeri ITanjung Tiram

Sakinah, Nurul (2020) Peran guru bimbingan konseling dalam memotivasi siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi di SMA Negeri ITanjung Tiram. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
NURUL SAKINAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK dan dan guru bidang studi SMA Negeri 1 Tanjung Tiram . Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah 1.Bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam memotivasi siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi SMA Negeri 1 Tanjung Tiram, 2.Layanan apa saja yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam memotivasi siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, 3.Faktor apa saja yang mempengaruhi siswa melanjutkan dan tidak melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam memberikan motivasi terhadap siswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi sudah sangat baik dan sudah maksimal dilakukan. Adapun layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling Antara lain; Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, serta layanan bimbingan karir. Guru bimbingan dan konseling memberikan layanan tersebut sesuai kebutuhan siswa, serta dibantu oleh pihak sekolah yang lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruh motivasi siswa dalam melanjutkan studi yaitu faktor dari dalam diri (internal) dan faktor dari luar diri (eksternal). Tetapi ada beberapa faktor yang membuat motivasi siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram menurun yaitu faktor ekonomi dan faktor orang tua. Adapun faktor ekonomi sangat mempengaruhi seorang siswa dapat melanjutkan studi dan tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi..

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Peran guru dalam memotivasi siswa melanjutkan studi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 15 Dec 2020 08:04
Last Modified: 15 Dec 2020 08:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item