Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Aplikasi Smartphone Game Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang

Lubis, Nelly Yulida (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan Aplikasi Smartphone Game Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NELLY YULIDA LUBIS (0310162042)_TBIO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada proses pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan aplikasi smartphone game kahoot di kelas VIII SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang, (2) dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe n m m n on (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS IT Al-Hijrah Deli Serdang berjumlah 4 kelas dan sampel yang diambil adalah kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Dimana kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pre-test dan post-test yang berjumlah 20 soal. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD diperoleh Rata-rata 82,917, varians 20,080 dan simpangan baku 5,187. Dan kelas yang diajar dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 50,25, varians 50,25 dan simpangan baku 50,25. Dari hasil uji normalitas memperoleh Lhitung<Ltabel yaitu 0,063 < 0,190 (kelas eksperimen) dan 0,05 < 0,173 (kelas kontrol) pada taraf nyata α = 0.05. Uji homogenitas Fhitung < Ftabel yaitu 1,790 < 4,047 pada taraf α = 0,05. Uji hipotesis diperoleh thitung = 4,509 > ttabel = 4,047 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe n m m n on (STAD) menggunakan aplikasi smartphone game kahoot terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di P Islam Terpadu AlHijrah Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Dec 2020 11:48
Last Modified: 14 Dec 2020 11:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item View Item