Pengaruh Penggunaan Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Al Hidayah Medan T.A. 2020-2021

Tamimi, Chairul (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Al Hidayah Medan T.A. 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
1 CHAIRUL TAMIMI_TBIO II_FULL PAPER_SKRIPSI Fix.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Al-Hidayah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 50 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Temuan penelitian hasil nilai rata-rata pretest kelasEksperimenadalah 35.00 sedangkan pretest Kontrol nilai rata-ratanya adalah 30,00 dan pada hasil posttest kelas Eksperimen rata-ratanya adalah 83,00 sedangkan pada Kontrol rata-ratanya adalah 70,00. Dan pada penelitian ini analisis data menggunakan uji Independen Sample t-test menunjukan bahwa sig < 0,05 dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dengan nilai t-hitung 6,189 dan t-tabel 2,02 peta konsep sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-Hidayah Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Dec 2020 06:03
Last Modified: 26 Dec 2021 14:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item