Tamimi, Chairul (2021) Pengaruh Penggunaan Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Al Hidayah Medan T.A. 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
1 CHAIRUL TAMIMI_TBIO II_FULL PAPER_SKRIPSI Fix.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Al-Hidayah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 50 siswa. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test sebanyak 20 soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Temuan penelitian hasil nilai rata-rata pretest kelasEksperimenadalah 35.00 sedangkan pretest Kontrol nilai rata-ratanya adalah 30,00 dan pada hasil posttest kelas Eksperimen rata-ratanya adalah 83,00 sedangkan pada Kontrol rata-ratanya adalah 70,00. Dan pada penelitian ini analisis data menggunakan uji Independen Sample t-test menunjukan bahwa sig < 0,05 dengan nilai sig 0,00 < 0,05 dengan nilai t-hitung 6,189 dan t-tabel 2,02 peta konsep sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Al-Hidayah Medan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 06:03 |
Last Modified: | 26 Dec 2021 14:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10109 |
Actions (login required)
View Item |