Utomo, Dzhul Aqilah (2019) Pengaruh Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas IV di MIS Istiqomah Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi-converted.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CPS (Creative Problem Solving) terhadap hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan pembelajaran model CPS. Penelitian ini dilaksanakan di MIS ISTIQOMAH Desa Sampali Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu) yang merupakan pengembangan dari True Eksperimental Design karena memiliki kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi penuh mengontrol variable luar yang mempengaruhi pelaksanaan penelitian. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang, dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPSSiswa Kelas IVDi MIS Istiqomah Desa SampaliKec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang T.A 2018/2019 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar IPS.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 02:41 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 02:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10103 |
Actions (login required)
View Item |