Pengaruh Strategi Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SD Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020

Meyrasari, Fadhilla Hasna (2020) Pengaruh Strategi Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SD Muhammadiyah 02 Medan T.P 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FADHILLA HASNA MEY(0306162130) (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar Matematika siswa kelas kontrol dengan metode ceramah di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan, (2) Hasil belajar Matematika siswa dengan menggunkan strategi pembelajaran inkuiri di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan, dan (3) Pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran iknkuiri terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 02 Medan. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 02 Medan, sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas IV-C (Kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional) dan kelas IV-E (Kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri). Metode yang digunakan dalam peneitian iniadalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambil sampel dengan cara Random Sampling dengan jumlah sampel 22 siswa dikelas kontrol dan 22 siswa dikelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 20 soal pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar Matematika siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri adalah 89,09 dengan standar deviasi 7,81, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran konvensional adalah 79,54 dengan strandar deviasi 9,62. Dengan demikian penggunaan strategi pembelajaran inkuiri mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Dec 2020 14:43
Last Modified: 07 Dec 2020 14:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item