Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Pada Kelas X MIA A Di MAS Al-Washliyah 2 Tembung

Sartika, Sartika (2020) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Pada Kelas X MIA A Di MAS Al-Washliyah 2 Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sartika (0301161027) PAS 3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Sejarah Perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasydin dari penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di kelas X MIA A di Mas AlWashliyah 22 Tembung. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan : (1) Nilai rata-rata pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Sejarah Perkembangan Islam Masa Khulafaur Rasydin sebelum di beri tindakan model pembelajaran Inside Outside circle (IOC) prestasi belajar siswa masih terbilang rendah, adapun nilai rata-rata pra tindakan (pretest) yang diperoleh siswa 30,17 dari jumlah 36 siswa yang mencapai KKM hanya 6 siswa dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikalnya 16,70% dan 30 siswa yang tidak mencapai KKM dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 83,30%. (2) Setelah di beri tindakan model pembelajaran Inside Outside circle (IOC) pada siklus I terjadi peningkatan dari pretest namun masih dikatakan rendah karena belum mencapai KKM dengan nilai rata-rata 64,20 dari jumlah 36 siswa yang mencapai KKM hanya 24 siswa dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikalnya 66,70% dan 12 siswa yang tidak mencapai KKM dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 33,30%. (3) Setelah diberi tindakan model pembelajaran Inside Outside circle (IOC) pada siklus II meningkat dan sudah bisa dikategorikan tinggi karena sudah melebihi dari KKM yang diharapkan yaitu 65 dengan jumlah nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 71,21 dari 36 siswa yang tuntas 34 siswa diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 94,40% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 2 siswa diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 5,60%

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Dec 2020 14:22
Last Modified: 07 Dec 2020 14:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item