Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siwa Kelas III Pada Sekolah MIN Pakpak Bharat

Boangmanalu, Agus S (2021) Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siwa Kelas III Pada Sekolah MIN Pakpak Bharat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Agus Sukhairi - Final.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangai oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran didalam kelas sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan menulis siswa kelas III Min Pakpak Bharat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampaun menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab khususya pada materi Kitabah dengan menggunakan media kartu bergambar. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi pada penelitiana tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan II siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yaitu siswa kelas III Min Pakpak Bharat tahun 2021. Berdasarkan hasil observasi lapangan, ditemukan bahawa kemampuan menulis siswa sangat meningkat dengan menggunakan media kartu bergambar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mendapatkan nilai yang memperoleh ketuntasan setelah diadakannya pre tes, tes siklul I, dan tes siklus II. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui bagaimna kemampuan siswa sebelum digunakanya media kartu bergambar di MIN Pakpak Bharat. (2). Untuk mengetahui bagaimana prosedur penggunaan media kartu bergambar di MIN Pakpak Bharat. (3). Untuk mengertahui bagaimana kemampuan siswa setlahdigunakannya media kartu bergambar di MIN Pakpak Bharat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas atau classroom action research dalam bahasa Inggris, yang bermakna penelitian yang didesain untuk membantu guru mengetahui apa yang terjadi dikelas. Rancangan penelitian tindakan kelas dipilih karena masalah yang akan dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran dikelas sebagai upaya untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini sesuai dengan karakteristik penelitian tindakan kelas. Wahid Murni mengungkaokan alasan penelitian tindakan kelas menggunakan metode kualitatif karena adalam melakukan tindakan kepada subyek penelitian, yang dapat diutamakan adalah mengungkap makna yakni dan proses pembelajran sebagai upaya meningkatkan motivasi, dan prestasi belajar melalui tindakan yang dilakukan. Pada saat test awal diperoleh hasil belajar siswa yang berjumlah 20 orang siswa dengan nilai rata-rata 44,5. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal siswa, ketuntasanya 3 (15 %) yang masuk dalam kategori tuntas belajar dan 17 (85 %) yang belum mencapai tuntas belajar pada mata pelajaran bahasa arab khususnya pada materi kitabah. Setelah dilakukan siklus I maka hasil belajar yang diperoleh dari siswa yang berjumlah 20 orang siswa dengan nilai rata-rata 62,5 dengan 9 (45 %) siswa yang mengalami kriteria tuntas belajar dan 11 (55 %) siswa yang belum tuntas. Peningkatan ketuntasan belajar dari pre test ke siklus I sebesar 30 %. kemudian setelah dilakukan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari pre test, siklus I, dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergamabar untuk menungkatkan kemampuan menulis siswa berhasil digunakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Kartu Bergambar, Menulis
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Dec 2020 05:15
Last Modified: 22 Jun 2021 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item