Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi BentukBentuk Energi Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Siswa Kelas IV MIN 4 Kota Medan T.A 2018-2019

Maimunah, Maimunah (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi BentukBentuk Energi Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Siswa Kelas IV MIN 4 Kota Medan T.A 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAIMUNAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi bentuk-bentuk energi di kelas IV MIN 4 Kota Medan. Hal ini terlihat dari kurang mampunya siswa menyelesaikan soal-soal, sehingga diperlukan usaha dan model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada materi bentuk-bentuk energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang diaksanakan dalam 2 siklus. Untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi belajar siswa, soal-soal pretest dan post-test dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberikan tindakan menunjukkan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 0,1% (3 siswa). Setelah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 53,33% (16 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33% (25 siswa). Sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar IPA dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran IPA materi bentuk-bentuk energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 4 Kota Medan Tahun Ajaran 2018-2019.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Dec 2020 14:27
Last Modified: 01 Dec 2020 14:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10047

Actions (login required)

View Item View Item