Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Materi Makanan Dan Minuman Yang Halal Dan Haram Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Pematang Siantar

Lestari, Sri (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Materi Makanan Dan Minuman Yang Halal Dan Haram Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Pematang Siantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sri Lestari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas VIII SMP Negeri1 Pematang Siantar dengan menggunakan strategi konvensional. 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas VIII SMP Negeri1 Pematang Siantar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas VIII SMP Negeri1 Pematang Siantar. Jenis Penelitian ini berupa Penelitian Kuantitatif. Dengan populasi keseluruhan siswi kelas VIII di SMP Negeri 1 Pematang Siantar yang berjumlah 256 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposiv sampling dimana yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-5 (kelas kontrol) dan kelas VIII-6 (kelas eksperimen). Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi dan tes. Hasil penelitian dari uji hipotesis diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) pada kelas eksperimen pre-test dan post test sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi makanan dan minuman yang halal dan haram kelas VIII di SMP Negeri 1 Pematang Siantar. 2) terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dengan siswa yang diajarkan dengan mmenggunakan metode konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Nov 2020 08:19
Last Modified: 30 Nov 2020 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10011

Actions (login required)

View Item View Item