Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Karo

Hasibuan, Ali Taharah (2020) Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Karo. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Ali Taharah Hasibuan ( 0307162061 ) Skripsi MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen sumber daya manusia 2) Mengetahui keadaan mutu pembelajaran, 3) Mengetahui bagaimana efektivitas manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN Karo. Jenis penelitian ini yaitu kualikatif, Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Sebagai informan dalam, penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang humas dan guru. Tekhnik pengumpulan data penelitian menggunakan metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Tekhnik penjamin keabsahan data yaitu dengan kredibilitas,transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga point terpenting dalam efektivitas manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN Karo, yaitu: perencanaan,penyediaan dan pengembangan sumber daya manusia, peencanaan, proses dan evaluasi mutu pembelajaran dan keefektifan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Dalam perannya kepala madrasah mengaplikasikan mutu sesuai dengan keadaan madrasah sebelumnya yaitu dengan kondisi yang tidak sebaik sekarang ini. Dalam merencanakan sumber daya manusia kepala madrasah mengharuskan guru berkualifikasi sesuai dengan latar belakang pendidikannya, memiliki tekad yang kuat dalam mengajar. Dalam perencanaan mutu pembelajaran diperlukan persiapan perencanaan yang matang sehingga melalui perencanaan mutu pembelajaran tersebut sekolah dapat menghasilkan progam sekolah yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan pendidikan. kepala madrasah dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai leadership di Madrasah sangat baik dan penuh dengan tanggung jawab yang memiliki keinginan untuk memajukan MAN Karo dengan memberikan prestasi pada siswa dalam hal hasil belajar yang tentunya dengan peningkatan mutu pembelajaran. Kesimpulan efektivitas manajemen sumber daya manusia dalam neningkatkan pendidikan yaitu di MAN Karo telah efektif dalam merencanakan, menyediakan, mengembangkan sumber daya manusia, dan mutu pembelajaran dilihat baik melalui RPP, Prota, LKS siwa, kelengkapan media pembelajaran dan alat peraga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Nov 2020 03:27
Last Modified: 29 Nov 2020 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item