Implementasi Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik MIN 3 Kota Medan

Siregar, Nuria Sahan (2019) Implementasi Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik MIN 3 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi nuria sahan siregar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran hendaknya mempunyai tujuan untuk membangun kompetensi anak didik seutuhnya yang mencakup tiga aspek kompetensi dalam dirinya. Pendekatan saintifik mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Implementasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan rasa keingintahuan, keterampilan dan komunikasi. Oleh sebab itu perlu pemahaman tentang apa pendekatan saintifik serta bagaimana implementasinya dalam pembelajaran khususnya IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pendekatan saintifik, media apa saja yang digunakan serta mengkaji kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di MIN 3 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomonologis. Informan penelitian ini yaitu guru, siswa kelas VI dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui proses teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman terdiri dari: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA di MIN 3 Kota Medan. Guru sudah melakukan proses pembelajaran sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dimulai dari mengamati, menya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. (2) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru disesuaikan dengan tema atau materi yang akan diajarkan kepada siswa. Guru menggunakan beberapa macam media seperti media audio, visual dan audio-visual. Biasanya media pembelajaran diambil dari media elektronik, media cetak, dan yang paling sering digunakan adalah bahan atau benda-benda yang ada di lingkungan sekitar. (3) Kendala yang dihadapi guru adalah terlalu padatnya materi yang ada dalam setiap tema sehingga waktu yang sudah ditetapkan dirasa kurang cukup oleh guru. Sarana dan prasarana yang masih kurang serta daya fikir anak-anak yang berbeda-beda juga menjadi suatu kesulitan dalam pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran khususnya pelajaran IPA.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Kualitatif, Pembelajaran IPA, Pendekatan Saintifik
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Nov 2020 06:05
Last Modified: 13 Nov 2020 06:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9855

Actions (login required)

View Item View Item