Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret Di Kelas XI MAN Labuhan Batu Tahun Ajaran 2019/2020

Rambe, Arjuna Yahdil Fauza (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret Di Kelas XI MAN Labuhan Batu Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-ASLI ARJUNA YAHDIL FAUZA RAMBE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah penting dikuasai oleh siswa karena merupakan proses menerapkan pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh sebelumnya ke dalam situasi baru yang belum diketahui. Pada kenyataanya kemampuan ini belum dikuasai sepenuhnya oleh peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, untuk menentukan subjek penelitian menggunakan pemeilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 6 subjek untuk mewakili 3 kategori kemampuan pemecahan masalah siswa untuk memberikan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah untuk setiap kategori. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga kategori kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu : tinggi, sedang dan rendah. Pada tahap memahami masalah hanya siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang yang dapat menyelesaikan dengan benar. Pada tahap merencanakan masalah, siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesalahan dalam menentukan rencana penyelesaian yang akan digunakan. Pada tahap melaksanakan pemecahan masalah, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi yang mampu melaksanakan dengan baik, sedangkan kemampuan sedang dan rendah belum mampu melaksanakan dengan benar. Pada tahap memeriksa kembali hanya siswa denga kemampuan pemecahan tinggi yang mampu untuk melaksanakannya. Sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah tidak mampu melaksanakan pemeriksaan kembali.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:05
Last Modified: 21 Oct 2020 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9691

Actions (login required)

View Item View Item