Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Tartili di MAS Sinar Serdang Perbaungan

Rahayu, Tira (2020) Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Tartili di MAS Sinar Serdang Perbaungan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Tira Rahayu S2 PAI Non Reguler.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dalam mewujudkan rakyat yang cerdas dan berakhlak mulia. Salah satu pendidikan yang terpenting adalah pembelajaran tentang Alqur’an, yaitu membaca dan menulis Al-qur’an serta diharapkan dapat memahami isinya dan mengamalkannya didalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode pembelajaran membaca dan menulis Al-qura’an adalah metode Tartili. Sekolah yang menerapkan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu MAS Sinar Serdang Perbaungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan Metode Tartili di MAS Sinar Serdang Perbaungan, (2) Mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis AlQur’an dengan Metode Tartili di MAS Sinar Serdang Perbaungan, (3) Mengetahui evaluasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Tartili di MAS Sinar Serdang Perbaungan. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan cara mereduksi data yang relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Pembelajaran BTQ dengan Metode Tartili berpedoman pada RPP yang sudah di rancang oleh ketua koordinator Tartili dibawah binaan pengawas kemenag Serdang Bedagai, guru hanya menyesuaikan jam masuk mengajar sesuai RPP tersebut dan mengatur kondisi siswa di dalam kelas, sedangkan persiapan yang diperlukan sendiri yaitu materi penunjang hafalan surah pendek,do’a sehari-hari dan menulis arab guna meningkatkan kualitas kemampuan siswa. (2) Pelaksanaan Pembelajaran BTQ dengan Metode Tartili dimulai dengan melafalkan do’a sehari-hari atau membaca surah pendek (Adh-dhuha) bersama-sama, kemudian masuk materi guru membacakan serta menjelaskan sedangkan siswa menyimak pada buku jilid, setelah itu siswa membaca bersama-sama, beberapa kali setelah menulis. (3) Evaluasi pembelajaran BTQ dengan metode Tartili, penilaian harian dilaksanakan setiap akhir pertemuan pembelajaran siswa dengan cara di uji maju satu persatu ke depan guru. Penilaian kenaikan jilid dilaksanakan oleh pihak madrasah dan terhadap tim guru untuk melaksanakan ujian. Penilaian kenaikan tingkat dari jilid (surah pendek) ke Marhala (Al-Qur’an) dilaksanakan oleh ketua koordinator tartili beserta pengawas Serdang Bedagai binaan Bapak Wage, M.Pd

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an,Metode Tartili
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Oct 2020 07:26
Last Modified: 16 Oct 2020 07:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9672

Actions (login required)

View Item View Item