Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Penalaran Moral Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMK Negeri 7 Medan

Sihotang, Citra Yulia (2019) Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Penalaran Moral Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI CITRA YULIA SIHOTANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru PAI di Kelas XI SMK Negeri 7 Medan. (2) Mengetahui Penalaran Moral siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMK Negeri 7 Medan. (3) Mengetahui Hubungan antara Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Penalaran Moral Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang merupakan penelitian korelasi antara dua variabel. Sampel berjumlah 64 responden, yaitu mewakili jumlah populasi siswa kelas XI yang berjumlah 638 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket untuk menjaring data X (Kompetensi Pedagogik Guru) dan Y (Penalaran Moral Siswa). Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Hasil analisis hubungan antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan penalaran moral siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 7 Medan rhitung sebesar 0,289 dan rtabel dengan signifikansi 0,05 adalah 0,021, maka rhitung > rtabel. Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan Penalaran Moral Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima (Ha), artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan penalaran moral siswa. Besarnya hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan penalaran moral siswa hasil perhitungan diperoleh 8,35%. Ini berarti bahwa kompetensi pedagogik guru PAI menentukan penalaran moral siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 8,35% sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor-faktor lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik dan Penalaran Moral
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Oct 2020 07:14
Last Modified: 16 Oct 2020 07:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9670

Actions (login required)

View Item View Item