Perspektif Alquran Terhadap Pendidikan Lingkungan Hidup

Harahap, Muhammad Puadi (2019) Perspektif Alquran Terhadap Pendidikan Lingkungan Hidup. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
M. FUADI HRP (NIM. 3003173043).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana Perspektif Alquran Terhadap Pendidikan Lingkungan Hidup.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Mengetahi pendidikan lingkungan hidup yang terdapat dalam Alquran, 2. Mengetahui urgensi pendidikan lingkungan hidup yang ada dalam Alquran dengan pendidikan masa kini. Penelitian ini pendekatan tahlili, atas dasar pandangan bahwa dalam setiap rangkaian ayat Alquran terdapat pengajaran, petunjuk dan peringatan yang memuat nilai-nilai pendidikan, baik secara eksplisit maupun implisit. Pengkajian dalam Alquran dikenal sebagai metode tafsir yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri, yakni :Tahlili, Ijmali, Muqaran dan Maudu‟i. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah Manhaj Tahlili (Metode Analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif Alquran terhadap pendidikan lingkungan hidup mencakup penciptaan, pelestarian, pengerusakan dan pengelolaan lingkungan hidup, oleh karena itu, pendidikan lingkungan hidup mencakup kelangsungan hidup manusia, maka pendidikan ini sangat urgen dilakukan pada masa kini, khususnya pendidikan lingkungn hidup yang berbasis agama, karena salah satu solusi dari kerusakan lingkungan hidup sekarang adalah pendidikan lingkungan yang berbasis agama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2020 06:50
Last Modified: 05 Oct 2020 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9613

Actions (login required)

View Item View Item