Strategi Pelayanan Dan Pembimbingan Terhadap Pelaksanaan Ibadah Jamaah Haji Di Kbih An-Nabawy Kota Medan

Arnidah, Arnidah (2020) Strategi Pelayanan Dan Pembimbingan Terhadap Pelaksanaan Ibadah Jamaah Haji Di Kbih An-Nabawy Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
ARNIDAH NIM 14151003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan dan pembimbingan calon jamaah haji KBIH Annabwy Kota Medan. Dalam penelitian ini juga menggunakan pengumpulan data observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Jl.Sutrisno Gg.Berlian No.44 Medan Sumatera Utara. Langkah awal yang harus dilakukan pembimbing yaitu, menetapkan visi dan misi serta tujuan yang akan dilaksanakan untuk mencapai haji yang mabrur. strategi pelayanan dan stategi pembimbingan sangat berkaitan erat satu sama lain, yang mana strategi pelayanan mulai dari awal proses pendaftaran sampai kepulangan calon jamaah ke Tanah Air sedangkan strategi pembimbingan bagian dari strategi pelayanan yaitu, proses pembimbingan manasik haji. Strategi pelayanan yang diberikan kepada calon jamaah haji cukup baik, jika dilihat dari calon jamaah yang yang semakin meningkatnya untuk melakukan pembimbingan manasik haji. Pelaksanaan manasik haji KBIH An-Nabawy Kota Medan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Manasik dilakukan dengan secara efektif dan efisien +26 kali manasik, agar jamaah lebih memahami, baik dalam materi yang disampaikan maupun keadaan di Arab Saudi. Dalam memberikan metode pembimbingan manasik haji lebih meningkatkan pendekatan kepada jamaah karena jama’ah yang beragam mulai dari kaum integlektual, orang awam, lansia dan sebagainya,dengan menggunakan beberapa metode diantaranya, metode keteldanan (uswatun hasanah), metode nasehat, metode cermah dan metode lainnya. Namun, Dengan berdirinya KBIH An-Nabawy dapat membantu pemerintah dalam pelaksanaan manasik haji agar tercipta haji yang mabrur. Dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan kualitas pelayanan dan pembimbingan KBIH Annabwy terhadap calon jamaah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.23 Materi Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Oct 2020 05:50
Last Modified: 02 Oct 2020 05:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9602

Actions (login required)

View Item View Item