Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Think Pair Share Materi Program Linear Kelas XI MAS Proyek Univa Medan TP. 2019/2020

Nasution, Aziah Hairani (2020) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe Think Pair Share Materi Program Linear Kelas XI MAS Proyek Univa Medan TP. 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIFSI SIAP AZIAH - Copy (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan dan kemampuan penalaran matematis siswa diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share materi program linear kelas XI MAS Proyek Univa Medan. Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAS Proyek Univa Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampelpada penelitian ini yaitu kelas XI-IIS 2 (kelas eksperimen I) dengan menggunakan model pemebelajaran Problem Based Learningsebanyak 30 siswa dan kelas XI-IIS 3 (kelas eksperimen II) dengan menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe Think Pair Sharesebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian dengan memberikan soal test essaysebanyak 6 soal untuk melihat kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan penalaran sisiwa pada materi program linear. Dari hasil analisis data postest kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata 80,563 dan nilai ratarata hasil postest kelas eksperimen II sebesar 69,017 dan selisi nilai rata-rata kedua kelas 11,566. Dari hasil uji hipotesis data postest dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) melalui uji F yaitu Fhitung = 32,748 dan Ftabel = 3,923. Hal ini menunjukkan bahawa Fhitung ¿ Ftabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kemampuan pemecahan dan kemampuan penalaran matematis siswa diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share materi program linear kelas XI MAS Proyek Univa Medan. Tahun Ajaran 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:35
Last Modified: 25 Sep 2020 06:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9567

Actions (login required)

View Item View Item