Strategi Pemasaran Produk-Produk Gadai Syariah Guna Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi

Siregar, Diana Loemongga (2019) Strategi Pemasaran Produk-Produk Gadai Syariah Guna Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pegadaian syariah termasuk lembaga keuangan bukan bank yang hadir di Indonesia dalam bentuk kerjasama bank syariah dengan Perum Pegadaian, kemudian membentuk Unit Layanan Gadai Syariah di beberapa kota di Indonesia. Produk-produk gadai syariah yaitu Rahn, Rahn Hasan, Rahn Tasjily Tanah, ArRum Emas, ArRum Haji, Mulia, ArRum BPKB, Amanah. Strategi pemasaran adalah suatu rencana terpadu untuk memasarkan suatu barang dagangan ke tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui berapa jumlah nasabah pada tahun 2016, 2017 dan 2018 yang menggunakan produk EmasKu; kedua, strategi pemasaran yang dilakukan PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi; dan ketiga, mengetahui hambatan yang dialami PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi. Penelitian merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara serta mengumpulkan data. Objek pada penelitian adalah lembaga keuangan bukan bank yaitu Pegadaian dengan sistem syariah yakni PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah nasabah pada PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi yang memakai produk EmasKu pada tahun 2016, 2017, 2018 berjumlah 8 nasabah, 35 nasabah dan 25 nasabah, walaupun demikian jumlah nasabah setiap tahunnya tetap meningkat, strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi antara lain menerapkan prinsip 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Distribusi atau Tempat), dan Promotion (Promosi), PT Pegadaian Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi mengalami hambatan dalam melaksanakan strategi pemasarannya yaitu adanya pesaing yang merupakan lembaga keuangan syariah yang memiliki produk serupa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:26
Last Modified: 21 Sep 2020 06:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9538

Actions (login required)

View Item View Item