Tanjung, Ikke Maldina (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Metode Inkuiri Berbasis Etnomamatematika pada Kelas XI MAN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
BISSMILLAH SKRIPSI IKE revisi lagi FIX.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Modul Pembelajaran Matematika dengan langkah penyelesaian Metode Inkuiri dan dikaitkan dengan Etno yang ada di Sumatera Utara khususnya Medan, peneliti mengangkat bangunan yang ada di Sumatera Utara yakni Masjid Raya dan Istana Maimun. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah Trigonometri untuk peserta didik kelas XI MA/SMA. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XIMIA 2 MAN 1 Medan. Prosedur pengembangan modul pembelajaran matematika dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yakni: tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar validasi untuk mengukur kevalidan modul pembelajaran yang dikembangkan, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan modul pembelajaran. Modul pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid, berdasarkan skor rata-rata validasi modul yaitu 4,65 yang memenuhi kategori sangat baik, penilaian guru terhadap modul yaitu 4,6 dengan kategori sangat baik, dan respon siswa dengan kategori sangat baik. Modul pembelajaran ini telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,3%
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 13:42 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 13:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9480 |
Actions (login required)
View Item |