Analisis Strategi Pemasaran Produk iB Hasanah Card Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus KC PT. BNI Syariah Medan)

Adhillah, Masriani (2019) Analisis Strategi Pemasaran Produk iB Hasanah Card Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus KC PT. BNI Syariah Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Masriani Adhillah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Produk iB Hasanah Card merupakan produk unggulan PT. BNI Syariah Medan. Produk iB Hasanah Card pembiayaan menggunakan akad mudharabah dan musyarakah yaitu memperoleh bagi hasil. Namun semakin berkembang sector perbankan di Indonesia diperlukan dan pemasaran untuk menghadapi persaingan khususnya pada produk pembiayaan. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa. Penelitian ini mengangkat suatu rumusan masalah yaitu strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan di BNI Syariah Medan, kendala-kendala yang terkait dengan strategy pemasaran produk pembiayaan dan Solusi dari Kendala-kendala yang terkait dengan strategi pemasaran produk pembiayaan. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa wawancara dengan pihak BNI Syariah serta dokumentasi yang berkaitan dalam penelitian ini dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah produk iB Hasanah Card di BNI Syariah Medan sebagai berikut: menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix yang tediridari 4P, yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Kendala yang dihadapi BNI Syariah Medan yaitu promosi yang dilakukan kurang maksimal dan adanya masyarakat yang kurang mengenal Bank sehingga menyebabka nmasyarakat kurang tertarik melakukan pembiayaan. Solusi yang dilakukan adalah Solusi-solusi dari kendala yang dihadapi adalah memperbanyak atau memfokuskan kepembiayaan kolektifke sekolahsekolah, Pemasaran melalui personal selling dari marketer atau karyawan Bank, memperbarui produk pembiayaan yang sudah ada menjadi produk pembiayaan yang unggul dari produk pembiayaan dibank/Bank lainnya, promosi mengoptimalkan bantuan marketing menggunakan brosur/spanduk, meningkatkan pelayanan yaitu dengan proses yang cepat, administrasi yang mudah, dan menejemen yang lebih kreatif, memperkenalkan dan menjelaskan BNI Syariah Medan dengan melakukankegiatan-kegiatan social kemasyarakat luas, mengadakan training dan seminar seputar permasalahan nasabah yang kerap terjadi antar Bank lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:06
Last Modified: 02 Sep 2020 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9422

Actions (login required)

View Item View Item