Internalisasi Falsafah Peri Mestike Gayo Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Tengah

Indra, Indra (2019) Internalisasi Falsafah Peri Mestike Gayo Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada SMA Negeri Se-Kabupaten Aceh Tengah. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF DISERTASI INDRA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang internalisasi falsafah Peri Mestike Gayo dalam membentuk karakter siswa pada lembaga pendidikan di Aceh Tengah. Peri Metike (PM) ini merupakan bahasa adat yang mengandung nilai-nilai pendidikan dan dijadikan pedoman hidup dan mati bagi mereka. Tujuan penelitian ini untuk (1) Menemukan eksistensi falsafah PM pada pendidikan SMA se-Aceh Tengah, (2) Menemukan proses internalisasi falsafah PM Gayo dalam pendidikan, (3) Menemukan klasifikasi falsafah PM Gayo, (4) Menemukan dampak intrenalisasi falsafah PM Gayo terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini tergolong pada Jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan etnopedagogik yakni sebuah penelitian yang mengambarkan praktek pendidikan berbasis kearifan lokal, adapun situs penelitian ini adalah masyarakat Aceh Tengah secara umum dan SMAN 1, SMAN 4, dan SMAN 15 Negan Takengon secara khusus. Metode dan strategi pengupulan data menggunakan metode wawancara interaktif dengan strategi tengkah bengkuang gewat. “perumpamaan atau qiyas” dan menggunakan teknik personal experience (cerita), teknik pancing, dan teknik kias. Selanjutnya metode obeservasi, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan sepuluh langkah yakni: 1) Analisis domain, 2) Analisis Taksonomi, 3) Transkrip bahasa, 4), Melakukan FGD tahap I, 5) Analisis komponen, 6) FGD tahap II, 7) Analisis tema, 8) Check Over, 9) Hasil penelitian, 10), Pembuatan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi PM ini sangat penting bagi masyarakat Gayo dan terutam sangat penting di internalisasi dalam dunia pendidikan, karena PM ini memiliki nilai-nilai luhur yakni maksud serta tujuannya sangat relevan dan sinergis dengan pendidikan dalam membentuk karakter siswa. Proses internalisasi dilakukan melalui integrasi dengan mata pelajaran, melalui nasehat-nasehat, melalui media gambar tulisan tuturan PM, kegiatan pidato bahasa Gayo, telaah lagu dan saer (syair) Gayo, serta yang paling penting ialah dengan program “Serahan Anak Ku Tengku Guru, Tingok Sino, Serahen Ulak Ku Urang Tue” secara adat dengan tujuan merekat emosional opat mukawal putu mudenie sebagai pieoner dalam memajukan pendidikan. Klasifikasi tuturan PM tersebut adalah (1) Falsafah Teologi; (2) Falsafah Hidup; (3) Falsafah Pendidikan; (4) Falsafah Ekonomi; (5) Falsafah Hukum; (6) Falsafah Lingkungan dan Hutan. Selanjutnya internalisasi PM dalam pendidikan sangat berdampak pada pembentukan karakter siswa yakni terciptanya generasi beradab, intelektual, dan berkembangnya daya rasa dan daya fikir.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.1 Falsafah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 31 Aug 2020 15:31
Last Modified: 31 Aug 2020 15:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9400

Actions (login required)

View Item View Item