Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pada PT.BPRS Gebu Prima Medan

Syahputra, Mhd Azmi (2019) Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan pada PT.BPRS Gebu Prima Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MHD AZMI SYAHPUTRA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Produk pembiayaan merupakan produk unggulan PT. BPRS Gebu Prima Medan. Produk pembiayaan menggunakan akad mudharabah dan musyarakah yaitu memperoleh bagi hasil. Namun semakin berkembang sektor perbankan di Indonesia diperlukan adanya pemasaran untuk menghadapi persaingan khususnya pada produk pembiayaan. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk atau jasa.Penelitian ini mengangkat suatu rumusan masalah yaitu strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan di BPRS Gebu Prima Medan, kendala-kendala yang terkait dengan strategi pemasaran produk pembiayaan di BPRS Gebu Prima Medan dan Solusi dari Kendala-kendala yang terkait dengan strategi pemasaran produk pembiayaan di PT. BPRS Gebu Prima Medan. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa wawancara dengan pihak BPRS Gebu Prima Medan serta dokumentasi yang berkaitan dalam penelitian ini dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan di BPRS Gebu Prima Medan sebagai berikut: menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix yang tediri dari 4P, yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Kendala yang dihadapi BPRS Gebu Prima Medan yaitu promosi yang dilakukan kurang maksimal dan adanya masyarakat yang kurang mengenal BPRS sehingga menyebabkan masyarakat kurang tertarik melakukan pembiayaan di BPRS Gebu Prima Medan. Solusi yang dilakukan adalah solusi-solusi dari kendala yang dihadapi BPRS Gebu Prima Medan adalah memperbanyak atau memfokuskan ke pembiayaan kolektif ke sekolah-sekolah, Pemasaran melalui personal selling dari marketer atau karyawan BPRS, memperbarui produk pembiayaan yang sudah ada menjadi produk pembiayaan yang unggul dari produk pembiayaan dibank/BPRS lainnya, promosi mengoptimalkan bantuan marketing menggunakan brosur/spanduk,meningkatkan pelayanan yaitu dengan proses yang cepat, administrasi yang mudah, dan menejemen yang lebih kreatif, memperkenalkan dan menjelaskan BPRS Gebu Prima Medan dengan melakukan kegiatan-kegiatan sosial ke masyarakat luas, mengadakan training dan seminar seputar permasalahan nasabah yang kerap terjadi antar BPRS lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pembiayaan, BPRS Gebu Prima Medan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:28
Last Modified: 28 Aug 2020 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9389

Actions (login required)

View Item View Item