Dinamika Historis Madrasah Muallimin UNIVA Medan (1958-2019)

Rahmi, Ihyaur (2019) Dinamika Historis Madrasah Muallimin UNIVA Medan (1958-2019). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
IHYAUR RAHMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang dinamika historis Madrasah Muallimin UNIVA Medan dari Tahun 1958 sampai Tahun 2018 . Jenis penelitian ini adalah penelitian sejarah dengan empat langkah kegiatan yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber informasi penelitian ini adalah kepala madrasah, guru-guru, dan alumni serta buku-buku yang berkaitan dengan peneitian. Hasil penelitian ini ditulis dalam tiga bab, yaitu: bab II: Latar belakang pendirian Madrasah Muallimin UNIVA Medan yang dilihat dari 3 aspek, yaitu a) Latar belakang intelektual: berdirinya Madrasah Muallimin adalah untuk mempersiapkan mahasiswa Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan dan untuk mempersiapkan guru agama; b) Latar belakang religius: berdirinya Madrasah Muallimin adalah untuk mempersiapkan Ulama Masa Depan Al Jam’iyatul Washiyah dan juga sebagai media dalam menjalankan ideologi Al Jam’iyatul Washliyah; c) Latar Belakang Sosial berdirinya Madrasah Muallimin disebabkan oleh animo masyarakat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Aliyah dan Perguruan Tinggi, sedangkan pada saat itu lembaga pendidikan Aliyah terbatas. Bab III: Dinamaka Historis Madrasah yang dilihat dari 3 aspek, yaitu a) Kurikulum: Madrasah Muallimin UNIVA melaksanakan dua kurikulum yaitu kurikulum Al Jam’iyatul Washliyah dan kurikulum Nasional sejak awal sampai dengan sekarang; b) Pendidik: pendidik di Madrasah Muallimin adalah pendidik yang profesional baik pendidik untuk pelajaran diniyah maupun pendidik pelajaran umum yang direkrut dengan tradisi Madrasah, terutama untuk pendidik pelajaran diniyah dengan masa kerja seumur hidup atau semampu pendidik dalam mendidik di Madrasah Muallimin UNIVA Medan; c) Peserta didik: peserta didik Madrasah Muallimin berasal dari berbagai daerah di Indonesia khususnya Sumatera Utara bahkan ada yang berasal dari negri jiran Malaysia dengan jumlah peserta didik yang terus menerus mengalami peningkatan, tetapi terdapat penurunan dalam kualitas pembelajaran kitab kuning. BAB IV: Dinamika historis relevansi sosial madrasah dengan tetap mejaga ciri khas yaitu pembelajaran kitab kuning dan inovasi program madrasah berupa program Taḥfiẓ dan program klinik Alquran

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:49
Last Modified: 19 Aug 2020 13:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9298

Actions (login required)

View Item View Item