01 Oktober 2016 10:26 wib

PIDATO REKTOR UIN SUMATERA UTARA MEDAN
PADA ACARA WISUDA SARJANA 
UIN SUMATERA UTARA MEDAN KE-64
 
 Kamis, 29 September 2016
 
 
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
 
Yth. Sekretaris Jendral Kementerian Agama RI
Yth. Gubernur Provinsi Sumatera Utara
Yth. PANGDAM I /Bukit Barisan
Yth. Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara
Yth. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Sumatera Utara
Yth. Ketua dan Anggota Dewan Penyantun UIN Sumatera Utara Medan
Yth. Para Bapak dan Ibu Anggota Senat UIN Sumatera Utara Medan
Yth. Para Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas dan Direktur Pascasarjana
Yth. Para perwakilan perguruan tinggi
Yth. Para pimpinan organisasi keagamaan Islam
Yth. Sivitas akademika, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
Yth. Para wisudawan dan keluarga, dan
Yth. Hadirin para undangan sekalian.
 
Ungkapan syukur alhamdulillah, sepantasnya kita ucapkan atas limpahan rahmat dan karunia Allah SWT, sehingga pada hari yang berbahagia ini kita dapat  berkumpul di ruangan ini dalam rangka Wisuda Sarjana ke-64 UIN Sumatera Utara Medan. Shalawat dan salam kita sampaikan kepada panutan kita Nabi Muhammad Saw. Semoga kita tetap menjadikan beliau menjadi sebagai suri tauladan kita.
 
Atas nama Keluarga Besar UIN Sumatera Utara Medan saya mengucapkan  selamat datang, kepada bapak/ibu, saudarai/i, para hadirin wal hadirat, di UIN Sumatera Utara Medan. Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran Bapak/Ibu/saudara/i untuk memenuhi undangan yang kami sampaikan. Dalam kesempatan ini pula, kami mengucapkan permohonan maaf yang besarnya, jika terdapat kekurangan, kejanggalan, dan kekhilafan dalam pelaksanaan acara  ini.
 
Para anggota senat, dan hadirin sekalian.
 
Pada hari ini, alhamdulillah kita berkumpul dalam rangka wisuda sarjana ke-64.  UIN Sumatera Utara Medan kini menjadikan dirinya sebagai masyarakat pembelajar Islam (Islamic Learning Soceity). Visi ini merupakan keinginan untuk menjadikan seluruh warga UIN Sumatera Utara Medan dari mahasiswa, dosen sebagai tenaga pendidik hingga seluruh tenaga kependidikan serta pihak-pihak yang terkait sebagai insan pembelajar sesuai ajaran Islam. Artinya bahwa budaya pendidikan tinggi dari semua komponen UIN Sumatera Utara Medan merupakan manifestasi dan semangat untuk menggali dan mengamalkan dari ajaran Islam dalam makna yang seluas-luasnya.
 
UIN Sumatera Utara Medan baru saja melaksanakan proses penting yaitu penetapan Rektor baru UIN Sumatera Utara Medan  oleh Menteri Agama RI untuk masa bakti 2016-2020. Pergantian kepemimpinan memiliki arti dan peran yang strategis untuk pengembangan UIN Sumatera Utara Medan ke depan. Manajemen pengelolaan perguruan tinggi ini, nantinya akan diselenggarakan dengan mempertimbangkan asas transparansi, akuntabilitas, dan profesionalitas.  UIN Sumatera Utara Medan ke depan diharapkan dapat menjadi kampus yang semakin JUARA (maju dan sejahtera). Untuk itu beberapa kebijakan yang akan dilakukan ke depan adalah melakukan pembenahan dari sisi struktur, aparatur dan kultur. Ketiga aspek ini akan menjadi sebuah paket kebijakan strategis untuk memperbaiki dan mengembangkan UIN Sumatera Utara Medan  yang lebih S3 (selamat, sehat dan sukses). Kampus ini harus mampu menjadi kampus yang akuntabel hingga mampu selamat dari jeratan dan jebakan sistem birokrasi yang rigid dalam regulasinya. Kampus ini juga harus mampu menyehatkan jasmani dan ruhani masyarakatnya hingga kesemuanya dapat berkarya dan berjaya secara secara optimal. Kampus ini  juga harus mampu melahirkan insan-insan yang sukses baik secara intelektual, sosial, material dan spiritual dalam rangka mengemban amanah tri darma perguruan tinggi, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
 
Hingga saat ini, UIN Sumatera Utara Medan telah melampui beberapa fase perkembangan. Bermula dari mandat awal yang mengembangkan ilmu-ilmu keislaman tradisional, UIN Sumatera Utara Medan bergerak menuju kepada pengembangan ilmu-ilmu keislaman dalam pengertian yang lebih luas, lewat mandat yang diperluas. Selanjutnya ilmu-ilmu tersebut kita sandingkan dengan berbagai cabang keilmuan dengan pendekatan multi disipliner yang saling berinter koneksi dengan berbagai ilmu-ilmu modern.
 
Seiring dengan perubahan menjadi universitas, maka arah pengembangan keilmuan tersebut akan menjadi universal. Kita tidak lagi mengenal dikotomi antara ilmu-ilmu keagamaan dengan ilmu-ilmu umum. Diharapkan ke depan akan terjadi integrasi antar ilmu, yang kini model yang diterapkan adalah pola transdisipliner. 
 
Para anggota senat, dan hadirin sekalian.
 
Upaya pembenahan dan pengembangan kelembagaan terus dilakukan secara sistematis sesuai pencapaian target yang telah direncanakan. UIN Sumatera Utara Medan saat ini telah memiliki 8 (delapan) fakultas dan program pascasarjana, yaitu:
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Fakultas Syari’ah dan Hukum.
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam.
Fakultas Sains dan Teknologi.
Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Fakultas Ilmu Sosial.
Program Pascasarjana
 
Kesemua fakultas dan program pascasarjana tersebut mengelola 52 (lima puluh dua) program studi, pada tingkat diploma, strata 1, strata 2 dan strata 3. 
 
UIN Sumatera Utara Medan saat ini memiliki tenaga pendidik baik pada tingkat magister, doktor dan profesor yang berasal dari pendidikan dalam dan luar negeri. Di kalangan mahasiswa juga UIN Sumatera Utara Medan memiliki mahasiswa baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dalam rangka untuk memudahkan layanan akademik dan data perguruan tinggi kita juga telah memiliki sistem akademik yang on.line sehingga akan lebih memberikan kemudahan bagi semua pihak.
 
Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas keilmuannya UIN Sumatera Utara Medan terus mengirimkan para tenaga pendidiknya ke berbagai negara baik Timur maupun Barat, serta mengirimkan beberapa mahasiswa berprestasi untuk mengikuti berbagai training di berbagai negara. 
 
Saat ini, dari data yang dimiliki, UIN Sumatera Utara Medan memiliki lebih dari 14.200 mahasiswa. Mengingat pertumbuhan jumlah mahasiswa yang semakin pesat, maka perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana terus dilakukan. Pembangunan fasilitas kampus terus dijalankan. Di kampus I, jalan sutomo ujung misalnya, setelah berdirinya gedung program pascasarjana beberapa tahun yang lalu, kini sedang berlangsung pembangunan gedung serba guna yang merupakan hibah dari Bapak Haji Anif, yang juga merupakan Ketua Dewan Penyantun UIN Sumatera Utara Medan. Karenanya dalam kesempatan ini atas nama keluarga besar UIN Sumatera Utara Medan kami mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Bapak Haji Anif atas bantuan dan perhatian yang begitu besar untuk pembangunan  kampus UIN  Sumatera Utara Medan ini. Pada waktu yang bersamaan pembangunan fasilitas kampus di Tuntungan Medan terus berlangsung sebagai kampus pengembangan. Di sisi lain UIN Sumatera Utara Medan  juga tengah berupaya melakukan pembebasan tanah yang berada di daerah Batang Kuis Kabupten Deli Serdang sebagai upaya untuk membangun kampus terpadu UIN Sumatera Utara Medan.
 
Sementara itu pada waktu  yang bersamaan wilayah kampus UIN Sumatera Utara Medan yang ada di Helvetia akan diberdayakan dengan optimal. Agenda besar dan jangka panjang ini, tentu tidak bisa hanya bertumpu kepada internal lembaga semata. Oleh sebab itu kami dari unsur pimpinan dan sekaligus keluarga besar UIN Sumatera Utara Medan mengharapkan dukungan baik moril maupun materil dari berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, para alumni UIN Sumatera Utara Medan, Dewan Penyantun, dan juga seluruh lapisan masyarakat.
 
Para anggota senat, dan hadirin sekalian.
 
Lewat forum ini, saya atas nama keluarga besar UIN Sumatera Utara Medan menyatakan mohon dukungan dan bantuan konkrit dari dari berbagai pihak dan lapisan masyarakat dalam rangka mengantarkan UIN Sumatera Utara Medan menjadi pusat keunggulan bagi pengkajian ilmu-ilmu ke-Islaman dalam arti luas yang ditujukan  bagi kesejahteraan umat manusia, terlebih dalam upaya pengembangan UIN Sumatera Utara Medan nantinya. Secara sadar kami mengakui bahwa kampus ini merupakan satu nafas dari keinginan masyakarat sesuai dengan sejarah berdirinya. Karena itu pula partisipasi kita semua dalam membangun dan mengembangkan kampus tercinta ini adalah sebuah keniscayaan. Lewat kampus ini, berbagai harapan dan cita-cita keilmuan Islam yang didambakan akan kita wujudkan.
 
Hadirin sekalian yang saya muliakan.
 
Sebentar lagi kita akan mewisuda: 1743 lulusan UIN Sumatera Medan yang tersebar dalam 5 fakultas serta Program Pascasarjana. Mereka adalah : 150 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi; 90 orang dari Fakultas Syari’ah dan Hukum, 916 orang dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 57 orang dari Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam;  249 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam, dan 281 orang dari Program Pascasarjana. Dalam perjalanan sejarahnya sampai hari ini, IAIN/UIN Sumatera Utara Medan  telah mewisuda “41.025“ (Empat Puluh Satu Ribu Dua Puluh Lima) alumni, yang saat ini telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat baik di kalangan birokrasi, praktisi  maupun kaum profesional. Alhamdulillah para alumni yang ada, sudah memberikan peran yang signifikan seperti pimpinan dalam berbagai lembaga legilastif, eksekutif, yudikatif dan lain sebagainya. Karena itu, kami berharap agar para alumni yang diwisuda kali ini, dapat memberikan kontribusi terbaiknya.
 
Atas nama seluruh civitas akademika UIN Sumatera Utara Medan, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan keluarganya atas keberhasilan masing-masing dalam memperjuangkan perkuliahan sehingga dapat diwisuda pada hari ini.
 
Hadirin sekalian yang saya muliakan.
 
Khusus kepada para wisudawan, kami berharap agar terus meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah dicapai selama ini di UIN Sumatera Utara Medan. Terus kembangkan kompetensi yang anda miliki. Orientasi dari kompetensi adalah pemenuhan kebutuhan stakeholders, yang mencakup kebutuhan professional (professional needs), kebutuhan masyarakat (social needs), kebutuhan dunia kerja (industrial needs) dan kebutuhan generasi masa depan (scientific vision aspecs). Apabila saudara-saudara sanggup memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, maka dengan sendirinya kebutuhan untuk diri sendiri dan untuk keluarga akan terpenuhi juga.
 
Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan, kiranya upaya kita dalam memperjuangkan UIN Sumatera Utara Medan, kemajuan umat, bangsa dan agama mendapat ridha Allah Swt. Sebagai pemegang amanah penyelenggara pendidikan di lembaga ini, tentu kami punya harapan sekaligus juga keterbatasan, karenanya doa kita bersama sangat diharapkan, agar lembaga pendidikan ini dapat berjalan dengan baik hingga dapat melahirkan nilai-nilai kebaikan yang adil dan maslahat. Atas berbagai kekurangan dan kejanggalan yang terjadi pada acara ini, saya atas nama seluruh pelaksana memohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhirnya hadanallah wa iyyakum ila shirath al-mustaqim, billahi al-taufiq wa al-hidayah, Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
 
 
Medan, 29 September 2016
Rektor, 
 
 
 
Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag
NIP.19701204 199703 1 006