Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Usia Kanak-Kanak Perspektif Islam

MS, Amiruddin and Sodri, Sodri (2020) Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Usia Kanak-Kanak Perspektif Islam. Jurnal Bunayya, 1 (2). pp. 95-107. ISSN 2721-0561

[img]
Preview
Text
document.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Islam sebagai agama yang hanif memberikan rambu-rambu untuk berkomunikasi dengan kanak-kanak dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah penelitian ini difokuskan pada upaya komunikasi efektif dalam proses pembelajaran bagi kanak-kanak menurut perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi efektif yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran usia kanak-kanak menurut perspektif Islam, adalah: 1) berkomunikasi dengan dukungan/penerimaan; 2) gunakan pembuka pintu; 3) mendengarkan dengan penuh perhatian; 4) menggunakan pernyataan “kamu” untuk merefleksikan ide-ide dan perasaan anak; 5) hilangkan perkataan “jangan”; dan 6) berbicara dengan kanak (bukan berbicara kepada anak).

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 08 Jul 2020 07:28
Last Modified: 08 Jul 2020 08:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9051

Actions (login required)

View Item View Item