MS, Amiruddin and Sodri, Sodri (2020) Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Usia Kanak-Kanak Perspektif Islam. Jurnal Bunayya, 1 (2). pp. 95-107. ISSN 2721-0561
|
Text
document.pdf Download (326kB) | Preview |
Abstract
Islam sebagai agama yang hanif memberikan rambu-rambu untuk berkomunikasi dengan kanak-kanak dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah penelitian ini difokuskan pada upaya komunikasi efektif dalam proses pembelajaran bagi kanak-kanak menurut perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi efektif yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran usia kanak-kanak menurut perspektif Islam, adalah: 1) berkomunikasi dengan dukungan/penerimaan; 2) gunakan pembuka pintu; 3) mendengarkan dengan penuh perhatian; 4) menggunakan pernyataan “kamu” untuk merefleksikan ide-ide dan perasaan anak; 5) hilangkan perkataan “jangan”; dan 6) berbicara dengan kanak (bukan berbicara kepada anak).
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Triana Santi |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 07:28 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 08:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9051 |
Actions (login required)
View Item |