Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa Di SD IT Nur Ihsan Medan

Arlina, Arlina and Dewi, Amanah Kesuma (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa Di SD IT Nur Ihsan Medan. Jurnal Tazkiya, 8 (1). pp. 44-62. ISSN 2080-4191

[img]
Preview
Text
5. Jurnal Tazkiya 2019 Vol 8 No 1.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam membina kecerdasan emosional siswa di SD IT Nur Ihsan Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode naturalistik. Tehnik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan: Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa di SD IT Nur Ihsan Medan dapat ditemukan bahwa: (1) Kepedulian sosial melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Berbagi Makanan, dan (b) Menyalami Guru Ketika Berpapasan; (2) Kesadaran Diri melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Petugas Shalat Berjamaah, dan (b) Merapikan Koridor Setelah Makan Bersama; dan (3) Kecerdasan Spritual melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Infaq Jum’at, (b) Membiasakan Berdoa, dan (c) Shalat Dzuhur Berjamaah.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:47
Last Modified: 12 Aug 2022 06:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item